BERKAH DI BAZAR RAMADHAN

Posted on

 

Bazar ramadhan di salah satu sudut kota Sumbawa Besar.
Bazar ramadhan di salah satu sudut kota Sumbawa Besar. 

Rampak Nulang;

        Bulan ramadhan bulan  yang penuh rahmat, ampunan, bulan dari seribu bulan. Seperti tahun sebelumya bulan yang penuh barokah ini juga dimanfaatkan oleh para ibu-ibu penjual kuliner untuk berbuka puasa. Bak jamur dimusim hujan, mereka berjualan dipinggiran jalan atau di tempat-tempat khusus yang biasa kita kenal dengan bazar ramadhan.

                Aneka kuliner yang dijual sangat variatif, dari minuman olahan, varian lauk pauk, masakan khas daerah sampai aneka jajanan tradisional. Sebut saja misalnya Sepat, singang, Gecok, Ikan Sira Padang, Sira Sang dll. Bahkan ada beberapa jajanan tradisional dan masakan khas Samawa yang biasanya kita temui hanya di bulan suci ramadhan seperti Talam Sira’, Bulu Brai, Gali Anok, Batu Kumung,susu kaya. Menariknya, kehadiran mereka sangat diminati dan selalu laris manis diserbu pembeli.

                Saat Rampak Nulang menelusuri beberapa bazar ramadhan di beberapa tempat bermaksud membeli beberapa makanan tersebut untuk menu buka puasa, ternyata sudah tak tersisa samasekali.

                 “Dari semua kuliner yang kami jual, jajanan tradisional yang paling cepat habis terbeli” demikian ungkap bu Ida yang setiap hari jualan di belakang kompleks pertokoan Sumbawa. Begitu juga yang dialami oleh Fitria yang selalu memajang dagangannya di ruas jalan Kartini, “saya kadang sampai kwalahan melayani pesanan masakan khas Samawa dan jajanan tradisional Samawa,betul-betul rezeki ramadhan”. Saat ditanya berapa keuntungan yang diperoleh, mereka selalu menjawab, pokoknya lumayanlah.

                  Bulan suci ramadhan  selalu memberi berkah bagi setiap insan muslimin, semoga ramadhan tahun ini membawa berkah dan memberi sejuta rahmat serta ampunan bagi insan yang beriman.

Amin yaarabbal allamin… (ria)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s