Warga Semamung Gelar Panen Raya

Posted on

IMG01939-20130402-0940

 Rampak Nulang;
     Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Drs H Muhammading, membuka kegiatan Panen Raya yang berlangsung di Orong Reban Aji Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu, Selasa (02/04).
     Panen Raya padi tersebut merupakan hasil Sekolah Lapang Pengolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Sistem Jajar Legowo yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Buin Aji II di Desa Semamung.
Kegiatan Panen Raya tersebut ditandai dengan panen perdana yang dilakukan oleh Asisten II Setda Sumbawa, H Muhammading, yang didampingi oleh Kepala BP4K Tarunawan S.Sos, Kadistan Ir Talifuddin MSi, Camat Moyo Hulu Subaidi SPd dan Muspika. Selanjutnya panen dilanjutkan dengan menggunakan mesin panen yaitu Comben Hardvez.

IMG01944-20130402-0942
      Pada kesempatan itu juga digelar dialog dengan kelompok tani setempat. H Muhammading, dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan pemenuhan pangan makin meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk, selain itu dengan meningkatnya pendidikan dan kesejahteraan masyarakat diikuti oleh meningkatnya jumlah konsumsi pangan.
Selain itu perbaikan kualitas produk pertanian khusuasnya padi berperan penting dan strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, terutama melalui sumbanganya terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.
Sektor pertanian katanya, masih menjadi sumber kehidupan sebagian besar penduduk Kabupaten Sumbawa sehingga pengembangan sektor pertanian suatu keharusan untuk memacu pertumbuhan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.
Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu lumbung padi di Propinsi NTB, setiap tahunnya Sumbawa mengalami surplus beras, sehingga dikirim ke luar daerah baik di kabupaten kota yang ada di NTB maupun propinsi lainnya seperti NTT dan pulau Jawa.
Pada kesempatan tersebut Ading, juga menjelaskan bahwa pemerintah pada tahun ini akan mengawal harga gabah petani dengan menetapkan harga pembelian pokok (HPP) sebesar Rp 3300 perkilo. Dia juga mengingatkan kepada pengusaha agar tidak main-main terhadap harga yang telah ditentukan pemerintah. “Kami akan tindak tegas jika ada pengusaha nakal yang membeli gabah dibawah harga yang telah ditetapkan pemerintah,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s