WAWASAN LINGKUNGAN MELALUI SEKOLAH HIJAU

Posted on Updated on

Gambar
Penyampaian teori tentang membuat pupuk kompos oleh petugas dari dinas terkait.

rampak nulang;

     Penanaman nilai-nilai lingkungan perlu dilakukan sejak dini dalam meningkatkan rasa kepekaan dan kepedulian siswa terhadap keberlangsungan lingkungan sekitarnya. Dan sarana yang paling tepat dan efektif adalah lewat dunia pendidikan.  Atas dasar hal tersebut, SDN 2 Semamung Kecamatan Moyo Hulu memiliki komitmen dalam menumbuhkembangkan dan menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan untuk siswanya.

Mereka telah melakukan berbagai kegiatan ekstrakulikuler menyangkut kelestarian lingkungan sekolah maupun sekitarnya dengan mengajarkan siswanya cara menanam pohon yang baik, pemeliharaan dan mendaur ulang sampah sekolah menjadi pupuk kompos dan karya kreatif.

      Munurut M Yusuf, S.Pd kepala SDN 2 Semamung, penanaman nilai-nilai lingkungan perlu dilakukan sejak dini agar nantinya di dalam individu para siswa telah tertanam rasa kepedulian terhadap lingkungan, “kami mengajarkan mereka tentang wawasan lingkungan agar nantinya kepedulian lingkungan didalam diri mereka telah tertanam sejak dini, disamping itu kami juga melibatkan siswa dalam penanaman,pemeliharaan dan penataan lingkungan sekolah”.

      Sekolah hijau (green school) mungkin adalah sebuah solusi efektif dalam upaya pembentukan perilaku siswa tentunya melalui model pembelajaran yang aplikatif dan menyentuh kepada kehidupan sehari-hari, bersahabat dengan alam melalui tindakan sederhana agar rasa kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dapat tertanam dengan kuat.(ria)

Gambar
Mengajarkan tehnik pembuatan pupuk kompos.
Gambar
menanam adalah bagian dari iman, ilmu,amal dan alam itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s