BELAJAR dari KEGAGALAN

Posted on

Para tani sedang menanam tanaman padi

Rampak Nulang

Tak ingin terlalu lama larut dalam kesedihan akibat kegagalan panen kemarin yang disebabkan oleh serangan Hama Tungro, sejumlah petani di Kecamatan Moyo Hulu kembali bangkit dengan semangat baru mengolah lahan pertanian mereka.

Dari  pantauan kami di beberapa desa, Nampak sejumlah petani sedang menggarap lahan pertanian mereka.  Sebagian besar petani  ada yang kembali menanam tanaman padi. Termasuk pak Sahabuddin, petani dari Desa Batu Alang.  “Kami kembali menanam padi karena hasil panen kemarin kurang baik, kebetulan pengairannya juga masih cukup baik” ungkapnya.  Namun tak sedikit petani yang menanam tanaman palawija.  “Kami menanam kacang hiijau karena mengandalkan curah hujan sebab areal persawahan kami seluruhnya adalah sawah tadah hujan” jelas Syarafuddin petani dari Desa Sebasang yang menanam hampir seluruh areal sawahnya dengan palawija.

Kegagalan ibarat sebuah titik yang harus dilalui, bukan hal yang harus di ratapi.  Yang penting kita bisa bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut. (myd)

Pencabutan bibit padi
Menyebar lahan dengan jerami yang sudah di tanami kedelai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s