MENINGKATKAN MOTIVASI & HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA

Posted on

Perkembangan teknologi saat ini telah menjadi pemicu terhadap perubahan sistem pembelajaran di sekolah. Upaya melepaskan diri dari pembelajaran model masa lampau yang memaksa anak untuk mengikuti pembelajaran yang tidak menarik, jenuh dan membosankan, sehingga membuat anak sulit menerima apa yang disampaikan oleh si pengajar.

Kehadiran teknologi multimedia bukan lagi menjadi barang mewah, karena harganya bisa dijangkau oleh segenap lapisan masyarakat untuk memiliki dan menikmatinya. Jadi sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi multimedia dan bapak ibu gu yang telah mendapat sertifikat sebagai guru sertifikasi dan mendapat tunjangan atas sertifikasi tersebut  harus dapat memiliki teknologi multimedia melalui penyisihan tunjangan yg mereka terima sehingga bisa gunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, intraktifsehingga  mampu mengembangkan Pembelajaran, Aktif, Inovatif,Kreatif, efektif, menyenangkan ( PAIKEM) dan guru- guru tersebut seiring  dengan pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan profesinya sebagai guru yang profesional.

Beberapa teknologi multimedia yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain : Tafe Recorder, VCD, Foto Digital, Laptop dan LCD. Dengan teknologi multimedia tersebut guru dapat membuat perangkat pembelajaran audio visual yang akan memancing minat dan motivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan pengetahuannya, sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai yang diharapkan.

Pemanfaatan teknologi multimedia merupakan kebutuhan mutlak dalam bidang pendidikan saat ini, sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang belajar yang menyenangkan yang merupakan tempat siswa mengembangkan kemampuannya secara optimal dan diharapkan nantinya mampu berintekrasi ke tengah-tengah masyarakat, karena lulusan sekolah yang mampu menjadi bagian intergral dalam masyarakatnya merupakan keinginan yang tidah mudah apabila sekolah-sekolah yang ada tidak mampu dan tanggap untuk melakukan perubahan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang dapat mengembangkan metode dan model pembelajaran yang menarik untuk memicu perkembangan kreatif dan inovatif siswa.

Kiranya hari ini dan kedepan sekolah-sekolah harus memikirkan setiap perubahan yang ada demi kemajuan dan pengembangan pendidikan kearah yang lebih baik dengan pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran sehingga sekolah tidak lagi sebagai ruang yang membosankan tapi dapat menjadi ruang yang menyenangkan untuk siswa dalam menerima pengetahuan-pengetahuan yang di transper oleh guru kepadanya…( Rusmanuddin, S.Pd.SD)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s