“SAMSAT KELILING” Pendekatan Pelayanan Bagi Masyarakat

Posted on

Rampak Nulang;         

Dalam rangka meningkatkan penerimaan pendapaatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat wajib pajak khusunya pajak kendaraan bermotor, UPTD  PPDRD (Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah)  Kabupaten Sumbawa melaksanakan program SAMSAT KELILING. Pelaksanaan  program SAMSAT KELIING sudah dimulai sejak Tahun 2009. Program ini merupakan implementasi dari saah satu Program NTB BERSAING.

Ditemui dilapangan, Komaruddin, staf di UPT PPRD Kabupaten Sumbawa mengatakan bahwa “kegiatan SAMSAT KELILING dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dalam membayar pajak kendaraan bermotor, jadi masyarakat tidak perlu bersusah payah mengeluarkan biaya ke Sumbawa Besar hanya untuk membayar pajak. Cukup dengan mendatangi kami di kantar camat setempat, prosesnya mudah tanpa menunggu waktu yang lama”.

Pelaksanaan  Program SAMSAT KELILING berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan  setempat kemudian informasi ini disampaikan ke masing-masing desa  melalui pemerintah desa.  Untuk kecamatan Moyo Hulu di pusatkan di kantor camat dengan  jadwal yang sudah ditentukan untuk Tahun 2012 ini.

Sejak Januari sampai dengan Mei 2012, ada sekitar 40 wajib pajak yang telah dilayani. Ini berarti masyarakat cukup antusias menyambut baik keberadaan Program SAMSAT KELILING.  Seperti yang dikatakan oleh Sudarli, salah seorang Staf di UPT  SD dan PAUD Kecamatan Moyo Hulu, “SAMSAT KELILING sangat membantu masyarakat dalam memudahkan pembayaran pajak dan  mendapatkan pelayanan yang lebih baik serta menghemat biaya”.

Personil  SAMSAT KELILING yang diturunkan ke lapangan meliputi, tiga orang dari DISPENDA dan satu orang masing-masing dari UPT PPRD, Kepolisian dan Jasa raharja.  Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (transparansi publik).

                Untuk kedepan keberadaan SAMSAT KELILING semoga  tetap mendapat sambutan yang positif dari masyarakat dan betul-betul dipergunakan dengan sebaik-baiknya.  Kepada pemerintah kecamatan dan pemerintah desa hendaknya selalu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap taat pajak  dan mendorong masyarakat untuk membayar pajak pada waktunya. Orang Bijak taat pajak karena  dengan pajak pembangun dapat terlaksana. (AZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s