“Rayakan Maulid Dengan Penuh Kegembiraan”

Posted on

Rampak Nulang;

Masyarakat Desa Semamung menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Baiturrahman dengan penuh kegembiraan dan suka cita(20/05/2012).
Acara yang dimulai pukul 14.00 wita  dihadiri oleh Camat Moyo Hulu, Kepala KUA Moyo Hulu, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat Desa Semamung. Hadir juga Asisten I Sekda Kab.Sumbawa mewakili Bupati Sumbawa beserta rombongaan serta tamu undangan lainnya yang tentunya ikut memnyemarakkan acara tersebut.

Acara Maulid ini diawali dengan pembacaan Sarakal yang sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad saw dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat Suci Al-Qur’an. Camat Moyo Hulu, Bapak Subaidi S.Pd dalam sambutannya  menyampaikan terima kasih mewakili masyarakat Desa Semamung kepada tamu undangan yang telah bersedia hadir menyemarakkan acara Maulid hingga terasa lebih hikmat dan meriah. Beliau juga tak lupa menyampaikan harapan kepada masyarakat Moyo Hulu khususnya masyarakat Desa Semamung agar menjadikan perayaan ini sebagai suatu wadah untuk lebih mempererat tali silaturrahmi persatuan dan meneladani kepribadian serta nilai-nilai yang diajarkan oleh Rasullullah.

Dalam hikmah maulid pun yang disampaikan oleh ustad H Faizal Salim S.Ag menjabarkan betapa pentingnya meneladini sifat-sifat Rasulullah seperti menyebarkan kasih sayang (Surah Jumrah ayat 2), Membentengi hati dengan beriman dan mendirikan sholat agar menciptakan umat Nabi Muhammad SAW yang hidup penuh dengan kasih saying cinta damai serta selalu membentengi diri dari prilaku buruk dengan selalu mengamalkan Al-Qur’annulkarrim.

Bupati Sumbawa dalam pidatonya yang diwakili oleh Bapak Drs. H Umar Idris selaku Asisten I Sekda Kabupaten Sumbaw,  menyampaikan rasa syukur karena berkesempatan menyampaikan pidatonya pada tahun ini. Beliau selalu berharap agar generasi Samawa mampu meneladani ajaran Nabi Besar Muhammad SAW serta mampu melawan hawa nafsu, mampu menemukan solusi yang tepat untuk perbedaan pendapat dan persoalan, bukan hanya untuk masa sekarang ini tetapi juga untuk di masa yang akan datang.

Bapak Syafruddin S.S.Pd selaku ketua panitia yang kami wawancarai setelah acara selesai menyampaikan bahwa perayaan Maulid setiap tahunnya di kecamatan Moyo Hulu khususnya di Desa Semamung tidak ada yang berubah. “Hal yang menarik bagi saya sebagai ketua panitia upacara peringatan maulid ini adalah perayaan yang kita adakan memang tidak bertepatan dengan waktu pada peringatan nasional yaitu tanggal 12 Rabiul awal, akan tetapi menurut para ulama, peringatan ini dapat dilakukan dalam waktu 4 bulan berturut-turut setelah rabiul awal. Dan karena mayoritas masyarakat Desa Semamung adalah petani, maka sekarang adalah waktu  yang tepat merayakan maulid, dimana kita semua sudah bisa menikmati hasil panen.Sesuai ajaran agama Islam bahwa Agama Islam tidak pernah memberatkan umatnya, semua masyarakat tentu mampu merayakannya dengan penuh safa’ah. Saya juga berharap agar tahun depan isi Sandra akan lebih banyak tentunya ini dibarengi dengan hasil panen petani yang melimpah  pula.amin.”

Selaku ketua panitia, belau juga berharap agar kedepannya acara maulid seperti ini mampu berjalan lebih baik dan lebih terarah sesuai dengan harapan kita semua tentunya dengan tetap mengedepankan niali-nilai makna yang tersirat dibalik sebuah perayaan maulud. (PM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s