FENOMENA KAMPUNG “NYINGGU”

Posted on Updated on

image

Rampak Nulang;
    Musim panen seperti sekarang ini seringkali kita menjumpai kumpulan tenda dibeberapa tempat di Sumbawa termasuk di Desa Leseng kecamatan Moyo Hulu.
Tenda-tenda ini dihuni oleh para petani pekerja sewaan hasil pertanian dari luar daerah yang disebut Tau nyinggu atau penyinggu.  Entah darimana asal istilah ini yang jelas istilah ini sudah dipakai secara turun temurun dalam masyarakat (tau) Samawa.  Oleh sebagian masyarakat setempat kumpulan tenda ini sering disebut Kampung Nyinggu atau Gugus depan.  Disebut Kampung Nyinggu karena penghuninya adalah para petani pemanen sewaan ( penyinggu). Nah, kalau dikatakan Gugus Depan bisa jadi jejeran kemah/tenda mereka lebih mirip kumpulan kemah kegiatan kepramukaan.  Penghuni kemah di pinggir jalan rata-rata petani dari daerah Bima sedang petani Lombok lebih memilih mendirikan kemah didalam areal persawahan.
Kedatangan mereka umumnya atas inisiatif pemilik lahan yang didatangkan secara berkelompok yang merupakan langganan tetap pemilik lahan.
Keberadaan petani ini sangat membantu masyarakat Desa Leseng dan sekitarnya dalam memanen hasil pertanian mereka, mengingat sebagian besar masyarakat pemilik lahan (sawah) di Desa Leseng hampir bersamaan  waktu panen tanaman padi mereka.  Disamping itu dengan adanya petani sewaan tersebut ikut juga membantu meningkatkan arus perputaran roda perekonomian di desa setempat.  Walaupun ada juga  beberapa petani yang berjualan sampingan untuk kebutuhan sehari-hari mereka sendiri.
Informasi yang kami dapatkan dari para petani sewaan, mereka mampu menghasilkan atau membawa pulang  sekitar Rp 5 juta per orang dalam tempo satu bulan atau satu kali musim.
Hasil ini dianggap lumayan sebagai penghasilan tambahan bagi petani  pekerja sewaan dalam meningkatkan kesejahteraan taraf hidup mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s